Peta sebaran jumlah penyebaran virus Corona di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Peta sebaran jumlah penyebaran virus Corona di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Jumlah warga di Kabupaten Jember yang terpapar Covid-19 bertambah, 1 pasien asal Puger dinyatakan positif dan harus menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit dr. Soebandi Jember. Satu pasien tersebut berasal dari Kecamatan Puger.

“Benar ada tambahan 1 pasien dengan status Positif dari Kecamatan Puger, saat ini yang bersangkutan sudah dirawat di RS Soebandi di ruang isolasi,” ujar Gatot Triono Kepala Dinas Infokom Pemkab Jember saat memberikan rilis update pasien Corona.

Sebelumnya 1 warga asal Kaliwates juga dinyatakan Positif Corona setelah pulang dari Hongkong, sehingga saat ini jumlah jumlah warga yang positif menjadi 2 pasien, sedangkan untuk PDP (Pasien Dalam Pemantauan) juga naik dari sebelumnya 10 orang, kini menjadi 11 orang.

Dari data yang diterima media ini, jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang sebelumnya pada tanggal 27 hanya 168 orang, kini per 28 Maret meningkat menjadi 207 ODP, rata-rata warga ODP ini mereka yang baru pulang dari tempatnya bekerja, seperti dari Surabaya, Bali , Jakarta dan Malang.

Jumlah ODP tersebar hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Jember. “Sementara yang masih kategori aman atau zona biru ada 3 kecamatan, yakni Sumberbaru, Sumberjambe dan Tempurejo,” imbuhnya.

Sementara di Desa Sidomulyo Kecamatan Semboro Jember, pemerintah Desa melakukan pendataan kepada warganya yang baru pulang dari perantauan, mereka rata-rata pulang dari tempatnya bekerja yang ada di Bali, Surabaya, Jakarta, Malang dan beberapa daerah di Jawa tengah.

“Ada 27 warga kami yang datang dari perantauan, setelah kami data Alhamdulilah sehat, tapi ada 13 warga kami yang masuk ODR dan 2 ODP, untuk sementara waktu, mereka kami minta untuk mengisolasi secara mandiri di rumah,” ujar Waseso Kepala Desa Sidomulyo. (*)