Para anjal disemprot disinfektan di Mapolres Blitar Kota
Para anjal disemprot disinfektan di Mapolres Blitar Kota

Antisipasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19) dilaksanakan Polres Blitar Kota. Salah satunya dengan razia penertiban anak jalanan. Langkah ini merupakan bentuk perhatian kepada anak jalanan. Sebab, mereka punya hak untuk mendapat perlindungan. Serta hak-hak lainnya.

Razia seperti yang dilaksanakan pada Kamis, (26/3/2020). Selain diberikan pembinaan, para anjal yang di antaranya dalam kondisi mabuk juga disemprot disenfiktan dan edukasi bahaya wabah corona. Penyemprotan dilakukan dengan menyiapkan bilik semprot yang disiapkan personel kepolisian. 

“Masyarakat melaporkan di setiap lampu merah di jalan protokol Kota Blitar masih saja ditemui anjal. Mereka mencari uang dengan mengamen. Sebagai antisipasi mereka kita tertibkan untuk cegah wabah corona,” ujar Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela.

Anak jalanan itu kemudian dibawa ke Mapolres Blitar Kota. Di tempat ini, mereka mendapatkan edukasi cara hidup sehat dengan melakukan enam langkah mencuci tangan yang benar. Mereka kemudian disemprot disinfektan untuk mencegah wabah penyakit. 

Setelah mendapatkan pembinaan, para anjal ini dikembalikan ke rumahnya masing-masing. Mereka juga diimbau untuk stay at home, menerapkan pola hidup sehat, dan rajin mencuci tangan dengan benar.

“Ini dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan pribadi untuk mencegah menularnya virus corona, maupun penyakit menular lainnya,” tuntasnya.

Sekedar diketahui, dalam pencegahan virus corona setiap hari Polres Blitar Kota melaksanakan sweeping razia di café-café di wilayah hukumnya. Razia dilaksanakan pada pagi dan malam hari. Polisi menghimbau kepada warga yang nongkrong di café dan warkop untuk pulang ke rumah masing-masing demi keamanan bersama.(*)