Suasana Edukasi dan Penyemprotan Disinfektan di Kawasan Bongkar Muat Kapal Antar Pulau Pantai Boom Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES
Suasana Edukasi dan Penyemprotan Disinfektan di Kawasan Bongkar Muat Kapal Antar Pulau Pantai Boom Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES

Sebagai salah satu anggota satgas Covid 19  di wilayah Kecamatan  Banyuwangi, Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas) Kertosari memberikan layanan publik berupa edukasi dan penyemprotan pada kapal barang antar pulau dan Anak Buah Kapal di Kawasan Pelabuhan Rakyat Pantai Boom Banyuwangi.

Menurut drg Wahyu Primawati, Kepala Puskesmas Kertosari, para ABK kapal barang dari Sapeken Madura merupakan mereka yang masuk kelompok beresiko tinggi terhadap potensi penyebaran virus termasuk Corona.

"Karena mereka berasal  dari daerah yang lain kami memberikan edukasi dan melakukan penyemprotan dengan disinfektan yang aman bagi manusia dengan tujuan adalah untuk membunuh kuman-kuman yang ada di dalam kapal maupun yang menempel pada tubuh serta pakaian yang dikenakan," jelas dokter berjilbab itu.

Selanjutnya, dia menuturkan ada penelitian yang mengatakan bahwa jam 10.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB merupakan kondisi yang bagus untuk berjemur dan suhu udara pada jam-jam tersebut kemungkinan virus mati.

Dalam sharing dengan para ABK dan Tenaga Bongkar Muat Kapal di kawasan Pantai Boom tersebut petugas kesehatan juga memberikan edukasi pentingnya cuci tangan yang bersih dan bagaimana cara cuci tangan yang benar.

Kemudian masyarakat juga mendapatkan penjelasan tentang manfaat antiseptik serta  tujuan penyemprotan desinfektan pada kapal, ABK Tenaga Bongkar Muat dan lingkungan kawasan pelabuhan.

"Dengan menggelar edukasi kesehatan diharapkan masyarakat untuk selalu berperilaku dan berbudaya hidup bersih dan sehat.Selain itu warga juga diharapkan mematuhi himbauan dari Surat Edaran Bupati Banyuwangi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19 di Banyuwangi," jelas drg Wahyu mengakhiri wawancara.