Sekda Rudi Wijanarko memberangkatkan peserta jalan sehat tingkat instansi

Sekda Rudi Wijanarko memberangkatkan peserta jalan sehat tingkat instansi



Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Blitar selenggarakan Lomba Baris Berbaris (LBB) untuk tingkat Instansi se-Kota Blitar, Kamis (8/8/2019). 

Menempuh jarak sekitar 4 km, diawali dari start Jalan Merdeka, perserta diwajibkan berjalan melalui Jalan Terate – Jalan Mastrib – Jalan TGP – Jalan Ahmad Yani – Jalan Soetomo – Jalan Sultan Agung – Jalan Cokroaminoto dan finish di Jalan Semeru.

Kegiatan LBB ini dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudy Wijonarko dengan pengibaran bendera, tanda peserta diberangkatkan.

 LBB tingkat instansi ini terasa istimewa, pasalnya peserta dengan nomor urut 1 terdiri dari para kepala OPD dan di belakangnya adalah barisan anggota DPRD Kota Blitar. Total sekitar 122 regu ambil bagian terdiri dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Blitar, mulai dari OPD, guru-guru SD, SMP maupun instansi vertikal.

“LBB tingkat instansi ini dimaksudkan untuk meningkatkan jalinan kebersamaan antara Pemerintah Kota Blitar dengan instansi vertikal dalam membangun Kota Blitar. Sesuai arahan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat harus menyemarakkan HUT ke-74 ini,” ungkap Rudy.

Dijelaskannya, LBB tingkat instansi ini merupakan salah satu dari lomba yang digelar dari berbagai tingkatan mulai dari SD/MI, SMP/MTS dan tingkat umum. Seluruh gelaran LBB ini sekaligus sebagai pembuka kegiatan peringatan HUT RI tahun ini. LBB Tingkat SD/MI diselenggarakan Selasa (6/8/2019). Sementara untuk lomba baris tingkat SMP/MTs dilaksanakan Rabu (7/8/2019).

Rute yang dilalui adalah sedikit berbeda dengan tingkat instansi, yaitu dari Jalan Ahmad Yani peserta langsung melalui Jalan Diponegoro. Sedangkan untuk tingkat umum digelar Sabtu (10/8/2019) rute sama dengan instansi.

Kegiatan peringatan HUT RI ini semakin semarak dengan digelarnya aneka lomba permainan tradisional, seperti holahop, memindahkan karet, menghimpit balon dan memasukkan paku ke dalam botol. Bahkan yang menarik lomba yang digelar selama dua hari ini (13-14/8) ini mewajibkan kepala OPD untuk mengikuti holahop.

Kegiatan bernuansa sosial juga digelar diantaranya kegiatan bhakti sosial donor darah (5-22/8). Kegiatan lain yang dilaksanakan berupa olahraga dan permainan juga digelar diantaranya lomba futsal antar Organisasi Perangkat Daerah (20-22/8).

Selain ada upacara sebagai agenda pokok pada tanggal 17 Agustus, juga ada kegiatan tasyakuran, apel kehormatan dan renungan suci. Kegiatan yang ditunggu masyarakat yakni Pawai Kebangsaan juga tetap digelar. 

Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Gelaran Pawai Kebangsaan akan dilaksanakan dua hari, tepatnya pada Sabtu (24/8) untuk tingkat OPD dan Minggu (25/8/2019) bagi masyarakat. Kegiatan rencananya akan ditutup dengan resepsi HUT RI dan Pentas Kesenian Campursari (30/8/2019). (*)


End of content

No more pages to load