Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang Iriantoro (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)

Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang Iriantoro (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)



Iklim investasi di Kabupaten Malang menunjukkan progres menggembirakan. Pada semester pertama 2019 saja, investasi di Kabupaten Malang melampaui capain 2018. 

Penanaman modal pun dilakukan secara menyeluruh dari seluruh zona. Mulai sektor pariwisata, industri, UMKM (usaha menengah kecil dan mikro, hingga partanian dan peternakan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang Irianto menyampaikan, pencapaian luar biasa dalam sektor ekonomi memang selalu ditunjukkan. Seluruh sektor yang dipetakan pun selalu berhasil menarik hati investor. Dia optimistis, pertumbuhan iklim investasi di Kabupaten Malang akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Capaian di semester pertama 2019 ni sudah melebihi investasi sepanjang 2018," katanya kepada MalangTIMES baru-baru ini.

Lebih jauh dia menjelaskan, iklim investasi di Kabupaten Malang tersebut tak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan untuk menarik hati investor. Di antaranya melalui pemberian intensif khusus nagi investor yang hendak menanamkan modalnya, seperti peringanan bahkan pembebasan pajak hingga pembuatan sarana dan prasarana yang memadai.

Proses mengurus izin yang dilakukan lebih mudah. Sehingga para investor dapat lebih leluasa untuk bisa membangun usahanya di Kabupaten Malang.

 Upaya pemberian insentif hingga pelayanan izin yang lebih prima itu sebelumnya juga telah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Malang. "Dan saat ini yang potensinya besar untuk dikembangkan adalah wilayah Kepanjen," terang Irianto.

Sesuai instruksi Plt Bupati Malang Sanusi, Kepanjen akan dibangun sebagai salah satu kawasan pusat ibu kota layaknya kota dan kabupaten besar di Indonesia. Rencananya akan ada pembangunan hotel lantai delapan bintang lima hingga pembuatan pusat perbelanjaan modern yang mengusung tema unik dan menarik.

"Selain itu juga ada potensi besar untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Singosari saat sudah ada payung hukumnya. Investasi di kawasan tersebut pasti akan banyak dilirik," imbuh Irianto.

Pria ramah itu pun optimistis iklim investasi di Kabupaten Malang akan terus bergeliat. Sebab, zonasi yang sudah ditetapkan sampai saat ini dinilai samgat efektif untuk menarik wisatawan dalam peta potensi yang dibuat. Ke depan, akan ada banyak inovasi baru yang akan dikembangkan DPMPTSP Kabupaten Malang untuk meningkatkan investasi. "Saya optimistis iklim investasi akan terus tumbuh positif," ucap Irianto.

 

Tag's Berita

End of content

No more pages to load